-->

Jadwal Pengumuman Kelulusan UN 2013 SMA Terancam Tertunda

Jadwal Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional tahun 2013

Pengumuman UN SMA 2013

Setelah beberapa pekan yang lalu siswa-siswi SMA dan sederajat usai melaksanakan ujian nasional, maka berdasarkan jadwal mereka akan menerima hasil atau pengumuman kelulusan UN 2013 pada tanggal 23 Mei 2013. Akan tetapi tersiar kabar bahwa kemungkinan pengumuman hasil UN SMA akan mengalami pemunduran. Hal ini dikarenakan banyaknya kendala teknis dalam melakukan pemeriksaan LJK jawaban siswa yang ditangani oleh Universitas Negeri Medan (Unimed).

Berbagai permasalahan teknis itu disebabkan kurang supportnya mesin pemeriksa lembar LJK. Dari 10 mesin pemindai yang tersedia, ada 1 mesin yang tidak dapat digunakan. Unimed sendiri diberi alokasi waktu pemindaian harus selesai pada tanggal 3 Mei 2013. Sementara hasil pemindaian akan diserahkan kembali ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dilakukan pengecekkan.

“Ya, sulit kalau melihat kondisi seperti ini. Dalam keadaan normal saja target dua minggu itu bisa mundur. Apalagi ini yang memang dari awal sudah banyak permasalahan di lapangan, terus terang saja kami kewalahan,” kata Penanggung Jawab Koordinator Pengawas Perguruan Tinggi Unimed Ibnu Hajar. Lebih lanjut Ibnu menerangkan, beberapa persoalan yang di maksud diantaranya adalah kurangnya alat pemindai yang tersedia di Unimed.

Selain permasalahan kurangnya alat pemindai, bahan kertas LJK tahun ini yang berbeda dengan sebelumnya, membuat alat pemindai sering terjadi kemacetan. "Kertas yang saat ini dipakai adalah HVS 70 gram, sedangkan tahun lalu 100 gram", Imbuhnya. Meskipun banyak permasalahan teknis, Ibnu beserta tim akan berupaya semaksimal mungkin agar jadwal pengumuman kelulusan UN SMA 2013 bisa terlaksana tepat pada waktunya

Pengumuman UN SMP 2013

Lain halnya dengan jadwal pengumuman UN SMP, karena tugas pemindaian dilakukan oleh panitia UN provinsi. LJK UN SMP sebagian besar untuk ujian hari pertama dan kedua sudah dikirimkan panitia UN kabupaten/kota ke provinsi masing-masing.

Salah satu faktor yang membuat tidak ada perubahan untuk tanggal pengumuman UN SMP adalah lancarnya proses distribusi naskah soal ujian nasional untuk tingkat SMP/MTs yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 April 2013 hingga 25 April 2013 yang lalu. Pelaksanaan pengumuman kelulusan UN tingkat SMP 2013 ini akan dilaksanakan pada 1 Juni. Selanjutnya pada tanggal 1 hingga 14 Juni 2013 akan dilakukan pengisian dan distribusi SKHUN SMP/MTs dan SMPLB oleh Dinas Pendidikan Provinsi.

Semoga saja untuk pengumuman kelulusan UN SMA dan SMP 2013 ini akan terlaksana dengan lancar. Apapun kendala yang kemarin terjadi sekiranya jadi pelajaran berharga untuk pelaksanaan UN tahun mendatang. Kita doakan saja kepada para siswa-siswi SMP dan SMA yang telah mengikuti UN tahun ini bisa lulus 100% dengan nilai yang memuaskan.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Soal Matematika Sekolah | SD | SMP | SMA | Silabus | RPP | Test CPNS | SNMPTN - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger